- Home >
- Perang Sindiran Para Raksasa Teknologi
Posted by : ina kawaii
Selasa, 11 Juni 2013
perang sindiran sering terjadi antara para raksasa teknologi. entah
menyasar produk yang terlalu mahal, kurang keren dan lain sebagainya. salah
satu perang sindiran legendaris adalah antara Apple melawan Microsoft
dalam industri PC. belakangan, Apple juga terlibat perang terbuka dengan
Samsung.
1. Apple sindir Windows sarang Virus
Apple sepertinya masih kesal dengan rentetan iklan "Laptop Hunter" dari
Microsoft, yang mencitrakan produk Apple kemahalan. mereka menyerang
balik dengan iklan baru yang tayang di televisi Amerika Serikat.
iklan
bagian dari kampanye "Get a Mac" tersebut meluncur hampir bertepatan
dengan rilis sistem operasi baru Apple, Snow Leopard pada tahun 2009.
Apple intinya menyerang PC berbasis Windows sebagai subyek serangan
virus yang jauh lebih banyak ketimbang Mac.
mirip dengan iklan
Microsoft, promosi Apple tersebut juga menampilkan seorang calon pembeli
wanita. sang pembeli menginginkan komputer yang bisa bekerja baik,
tanpa diganggu ribuan virus dan juga membuat sakit kepala.
salah
satu iklan berjudul "Top of the Line". di sini, digambarkan PC yang
diperankan oleh seorang aktor, mengklaim punya layar yang lebih lebar
dan prosesor lebih cepat. namun pembeli akhirnya tetap memilih Mac
karena menilai PC kebanyakan virus dan juga bikin pusing.
meski
memang lebih jarang kena virus ketimbang komputer berbasis Windows, Mac
tak sepenuhnya bebas virus. beberapa ahli menilai alasan mengapa Mac
lebih jarang terkena virus adalah karena peredarannya yang tidak seluas
Windows.
2. Nvidia sindir Intel lewat Karikatur
bukan rahasia jika hubungan dua raksasa industri semikonduktor, Intel
dan Nvidia, agak tegang. situasi pun bakal makin memanas dengan sindiran
yang disampaikan Nvidia lewat kartun.
Intel dan Nvidia sama-sama
bergerak di industri semikonduktor. Jika Intel lebih fokus pada
mikroprosesor (CPU), Nvidia lebih dikenal untuk prosesor grafis (GPU).
nah, belakangan, hubungan keduanya cenderung tidak mesra lagi. terutama sejak keduanya nampak berebut pasar yang sama. lewat
Ion, yang diumumkan pada 2008, Nvidia seakan menyerang bisnis chip
grafis terintegrasi Intel yang cukup 'laris' sejak booming Netbook.
di
sisi lain, Intel juga menyiapkan Larabee sebuah produk prosesor grafis
yang bisa jadi akan bersaing langsung dengan Nvidia. Nvidia pun menambah
bara pada api perseteruan dengan membuat situs IntelsInsides.com.
situs
tersebut berisi karikatur yang menyindir Intel. misalnya, dalam salah
satu gambar, CEO Intel Paul Otellini ditampilkan ala Marlon Brando dalam
film Godfather. Otellini pun dibuat memplesetkan kalimat
terkenal film itu. "Kita akan ajukan penawaran microprosesor yang tidak
bisa ditolak," sebut tokoh itu. dalam kesempatan lain Otellini
digambarkan sedang duduk di atas sebuah bom waktu. bom itu berlabelkan "Larabee".
3. Microsoft sindir antena IPhone 4
salah satu petinggi Microsoft sedikit mencemooh Apple dengan
membandingkan hujatan terhadap IPhone 4 dan kegagalan sistem operasi
Windows Vista beberapa waktu lampau.
"Tampaknya, kegagalan iPhone
4 saat ini seperti masalah OS Vista Microsoft dulu, dan kami merasa
tidak ada masalah dengan itu," kata Chief Operating Officer Microsoft,
Kevin Turner pada tahun 2010.
sambil sedikit "bernostalgia", Turner mengenang saat itu. yakni masa dimana Vista yang diluncurkan awal 2007 dinilai sebagai produk gagal. kritik pedas pun meluas dan menjatuhkan citra Microsoft sebagai raksasa software.
sambil sedikit "bernostalgia", Turner mengenang saat itu. yakni masa dimana Vista yang diluncurkan awal 2007 dinilai sebagai produk gagal. kritik pedas pun meluas dan menjatuhkan citra Microsoft sebagai raksasa software.
sebelum
memulai pidatonya, Turner sempat berkelakar soal kegagalan antena iPhone
4. "salah satu hal yang ingin saya utarakan, meyakinkan Anda semua
bahwa Windows Phone 7 akan segera hadir. Anda bisa menggunakannya tanpa
perlu repot soal cara menggenggam ponsel yang benar," canda Turner.
seperti
diketahui, buruknya penerimaan sinyal pada iPhone 4 telah menuai
kritikan. Apple sempat mengonfirmasikan, hal itu bergantung dari cara
pengguna menggenggam smartphone sehingga mempengaruhi kinerja antena.
namun
kemudian, Apple mengakui bahwa kegagalan itu disebabkan cacat software
dan berjanji akan segera mengupdatenya. apa mau dikata, masalah ini
terlanjur meluas. sampai-sampai, lembaga konsumen berpengaruh di AS pun
kemudian menyatakan tidak merekomendasikan iPhone 4 untuk dibeli.
4. Steve Jobs sindir PlayBook, Galaxy Tab, dkk.
Steve Jobs, CEO Apple Inc., menyindir kehadiran perangkat tablet pesaing
iPad yang memiliki layar lebih kecil. meski tak menyebut secara
spesifik, sudah bisa diduga yang dimaksud Jobs adalah perangkat tablet
seperti BlackBerry PlayBook, Samsung Galaxy Tab dan lainnya yang
berukuran lebih kecil dari iPad.
"generasi tablet 7 inchi yang ada sekarang akan DoA, dead on arrival," ujar Jobs dalam sebuah conference call pada tahun 2010.
para
pembuat gadget itu, ujar Jobs, akan mendapatkan pelajarannya. "mereka
akan merasakan pelajaran yang pahit bahwa tablet mereka terlalu kecil,
dan akan membesarkannya di tahun depan," Jobs menambahkan. diduga,
komentar Jobs ini adalah reaksi pada kekecewaan pasar atas penjualan
iPad yang tak sesuai harapan. saham Apple pun disebut terpengaruh
penjualan itu.
bukannya tidak laku, iPad konon mengalami hambatan
karena pasokannya tak cukup. banyak toko dan pembeli yang menunggu
berminggu-minggu sebelum bisa mendapatkannya, dan ini menyebabkan angka
penjualan tersendat. pada akhirnya, tablet berukuran sekitar 7 inch sukses merebut perhatian pasar. hingga memicu Apple untuk meluncurkan iPad Mini.
5. Samsung sindir Fans Apple di iklan Galaxy S II
persaingan para vendor teknologi tak jarang melibatkan perang iklan
untuk memojokkan rivalnya. seperti Samsung yang menyindir para fans
Apple di iklan Galaxy S II pada tahun 2011
iklan yang tayang di
stasiun televisi Amerika Serikat itu menampilkan antrean penggemar Apple
untuk mendapat iPhone baru. para fans itu disindir "buta" dengan trik
marketing Apple sehingga tak bisa mengakui Galaxy S II adalah ponsel
lebih hebat. iklan yang bisa dilihat di YouTube ini memang tidak
menyebut nama Apple atau iPhone 4S. namun jelas kentara para fans antre
di sebuah toko mirip Apple Store. para fans digambarkan ada yang
sudah mengantre sembilan jam sebelum toko buka. sesaat kemudian di luar
antrean tersebut, ada beberapa orang yang memakai Galaxy S II.
para
pengantre bertanya-tanya ponsel apakah itu karena layarnya terlihat
sangat cemerlang. mereka pun saling membandingkan ponsel iPhone dengan
Galaxy S II dan terlihat layar Galaxy S II lebih unggul serta lebih
lebar. iklan tersebut juga menyindir ketiadaan konektivitas 4G di
iPhone serta baterai yang lemah. kemudian ada tulisan yang mengklaim
Galaxy S II lebih hebat, "The next big thing is already here".
6. Skype sindir pengguna Facebook dan Twitter seperti "Zombie"
sebuah kampanye besar-besaran dilakukan oleh layanan telepon berbasis
internet, Skype. dengan budget sebesar USD 12 juta, kampanye ini bak
menyulut api perang dengan Facebook dan Twitter.
pasalnya, kampanye yang dimaksud dituangkan dalam bentuk iklan yang menyindir keberadaan dua penguasa internet tersebut. ide
general kampanye Skype yang bertajuk "It's Time for Skype" ini adalah
bahwa komunikasi berbasis teks milik Twitter dan Facebook membuat
orang-orang menjadi seperti "zombie". di sisi lain, Skype
diklaim sebagai satu-satunya cara membuat orang tetap menjadi manusia
selagi mereka berkomunikasi secara online.
kampanye yang dirilis
di Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan tahun 2012 ini dibesut
oleh Pereirea & O'Dell yang berbasis di San Fransisco.
7. Apple sindir Samsung dengan "Kulkas"
tidak hanya produk terbaru yang diperkenalkan Apple di acara Worldwide
Developer Conference (WWDC) 2012. namun juga psywar yang dilancarkan
Apple terhadap pesaingnya, yakni Samsung. dalam pembukaan WWDC
2012 yang digelar di Moscone West, San Francisco, Amerika Serikat, Apple
terkesan menyindir Samsung yang tengah mendapat banyak sorotan karena
keberhasilannya membuat produk pesaing Apple.
sambil menanti
acara utama seperti presentasi dari CEO Apple Tim Cook, ada sebuah video
pembukaan dari Siri -- aplikasi asisten digital Apple -- sebelum acara
dibuka. video tersebut menyambut tamu undangan yang hadir.
di
tengah sambutan itu, tersebut lah Siri yang membawa-bawa nama Samsung.
"menanti produk terbaru dari Samsung. bukan ponsel, tetapi produk
kulkasnya." tak pelak ini membuat tamu yang ada di situ tersenyum
dan tergelak. walau hanya singkat, banyak yang paham jika ini merupakan
kalimat sindiran.
8. Apple bandingkan iPad Mini dengan "Tablet Plastik" Android
Ada yang menarik di sela-sela pengumuman tablet iPad Mini yang dihelat
di California Theater, San Jose, Amerika Serikatpada Oktober 2012. Vice
President Marketing Apple Phil Schiller membandingkan sekaligus
menyindir tablet Android.
iPad Mini hadir dengan memangkas dari ukuran iPad sebelumnya, tepatnya
7,9 inch. Seperti diketahui, Android juga kebanyakan menghadirkan tablet
dengan ukuran 7 inch pula.
"kita punya iPad Mini di sebelah
kanan dan tablet Android di sebelah kiri. mari kita bandingkan," kata
Phil, dengan latar belakang sebuah layar raksasa. walau tidak
menyebut merek atau versi secara eksplisit, bisa dipastikan tablet yang
ditampilkan Phil adalah Nexus 7. tablet perdana Google hasil kolaborasi
dengan Asus.
"lihat ada bezel (alumunium) di seluruh lapisan
layarnya (iPad Mini). sementara tablet (Android) satunya menggunakan
plastik! sungguh tebal dan berat," sindir Phil. Phil belum
berhenti sampai di situ. ia masih terus menyanjung iPad Mini yang
mempunyai ukuran 7,9 inch masih sangat lega untuk browsing di internet
ketimbang tablet Android yang mentok di 7 inch.
"coba lihat, display iPad Mini 50% lebih luas dari tablet di sebelahnya," sindirnya lagi.
9. Iklan Microsoft sindir produk Apple kemahalan
memang sudah lama Apple dan Microsoft terlibat perang iklan dengan
konten yang saling serang satu sama lain. dengan slogan "I'm a Mac and
you're a PC", Apple cukup sukses mencitrakan komputer Mac sebagai produk
yang keren.
dalam kampanye iklan tahun 2009, pihak Microsoft
coba meyakinkan publik bahwa produk komputer berbasis Windows adalah
yang paling sesuai dalam masa krisis ekonomi yang terjadi saat itu. dalam
iklan baru itu Microsoft menampilkan seorang model iklan wanita yang
ingin membeli laptop. ia berkunjung ke toko Apple dengan modal uang US$
1000. namun kemudian dia mengurungkan niatnya untuk membeli karena
menilai komputer Apple terlalu mahal. lalu, wanita itu memutuskan
untuk pergi ke toko retail komputer. di situ ia tertarik dengan
beberapa komputer Windows dan akhirnya memutuskan membeli komputer
bermerek HP hanya dengan bandrol US$ 700 saja. dia pun
kegirangan karena mendapat komputer yang didambakannya. tak pelak, iklan
itu ditujukan untuk memperkuat kesan produk Apple terlalu mahal.
10. Samsung dan HTC "Twitwar", LG jadi penengah
belakangan antara HTC dan Samsung sering terlibat perang komentar
negatif terhadap lawannya. bahkan, adu mulut ini tidak hanya terjadi di
dunia nyata, tapi berlanjut ke dunia maya.
ya, melalui akun
Twitter mereka saling menyerang bahkan menjurus twitwar di ranah
twitterland tersebut. ungkapan twitwar sendiri jamak didengar di
kalangan pengguna Indonesia yang melihat "pertengkaran" di Twitter.
seperti
dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (10/6/2013), awal permasalah
ini bermula dari akun @SamsungMobileUK berkicau yang ditujukan ke akun
HTC, "Four is Always Better Than One (Empat (S4-red) selalu lebih baik
dari satu (HTC One-red)". melihat sindiran tersebut, akun @HTC_UK
membalasnya dengan sebuah kicauan ejekan "Plastic is Not Fantastic, my
friend (Plastik itu tidak fantastis, kawanku)".
tak berhenti
sampai disitu, bahkan kedua akun resmi khusus negara Inggris tersebut
dengan saling melemparkan sindiran, mulai dari pamer penghargaan, hingga
tuduhan membayar untuk menjelek-jelekkan kompetitornya.
beruntungnya,
pertengkaran keduanya berhasil dihentikan. tapi tunggu, yang melerai
mereka justru bukan penggunanya, melain akun Kompetitor Samsung dan HTC
juga, yakni LG melalui akun @LGUK, akun tersebut me-mention kedua
akun tersebut dengan gambar meme dan kalimat bijak "Calm down dears!
It’s Only a Phone (ayolah kawan, ini hanya ponsel!)"
sumber :