Posted by : ina kawaii Senin, 23 Mei 2016


bintik-bintik kecil berisi air dibawah kulit
Bukan pertama kalinya tangan gue kayak gini, sebelumnya juga pernah tapi udah sekitar 5 tahunan yang lalu, anehnya kenapa “Cuma” di area telapak tangan & jari-jari aja, gue cek daerah telapak kaki  ga ada apa-apa. Dulu gue Cuma mengira kalo ini hanya proses ganti kulit, karena setelah melenting-meleting ini gue diemin, beberapa hari kemudian kulit telapak & kulit jari-jari tangan gue mulai mengelupas, dan saat gue pecahin, malah timbul lagi di sebelahnya melenting tadi yang gue pecahin (*jadi jangan coba dipecahin lagi).

Mulailah gue kepo, cari tau penyebab kenapa dan mengapa. Soalnya berasa aneh banget di tangan. Awalnya kelihatan banyak banget bintik-bintik berisi air dibawah kulit telapak & gatal dijari tangan, geli aja kalo diliat lebih jelas. Pertama gue coba Tanya si Bruder Andry yang katanya saat ini masih bekerja sebagai perawat (:v) *abaikan-. Perkiraan pertama kemungkinan gue kena herpes (http://penyakitherpes.net/ ), setelah gue baca, ternyata ga ada tanda-tanda gue terjangkit herpes. Dan gue juga ga berusaha untuk cek keklinik, Br. Andry nyuruh gue periksa ke klinik biar dapet obat + antibiotic, takut nambah parah katanya. Tapi gue pikir, ini juga bakal sembuh sendiri, karena sebelumnya gue pernah kayak gini.

Gue masih penasaran & masih berusaha cari tau penyakit kulit jenis apa yang gue alamin. Ketemulah jawaban “Dermatitis” :

Dermatitis adalah kondisi umum yang biasanya tidak mengancam jiwa atau menular. Meskipun demikian, dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan sadar diri. Kombinasi langkah perawatan diri dan obat-obatan dapat membantu Anda mengobati dermatitis.

GEJALA PENYAKIT KULIT DERMATITIS
Setiap jenis dermatitis mungkin terlihat sedikit berbeda dan mungkin cenderung terjadi pada berbagai bagian tubuh Anda. Jenis yang paling umum dari dermatitis meliputi:
1.    Dermatitis kontak. Ruam ini terjadi pada area tubuh yang telah dating kedalam kontak dengan zat-zat yang baik mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi, seperti poison ivy, nikel, dll. Ruam dapat membakar, menyengat atau gatal. Melepuh bisa terjadi.

PENYEBAB PENYAKIT DERMATITIS
Sejumlah kondisi kesehatan, alergi, factor genetic dan iritasiObat Gatal Kulit Kelamin Pria dan Wanita. Selengkapnya ... » dapat menyebabkan berbagai jenis dermatitis :
1.    Dermatitis kontak.
Kondisi ini hasil dari kontak langsung dengan salah satu dari banyak iritasi atau alergen – seperti poison ivy; perhiasan yang mengandung nikel; dan produk pembersih tertentu, parfum dan kosmetik.


momon
Taraaaaaa… sedikit menjabarkan jawaban yang diinginkan,  gue coba cari tau lagi penyebabnya. Gue inget-inget, kira-kira sebelumnya gue pegang sesuatu yang kotor atau begimana. Setelah diingat-ingat, beberapa minggu yang lalu sebelum tangan gue melenting-melenting ga jelas ini gue memang mainin binatang peliharaan gue si Momon, dia jilat-jilatin tangan gue. Tapi gue pikir lagi kayaknya ga mungkin sebabnya karena air liur si momon, soalnya dari dulu tangan gue udah sering dijilat-jilat & di gigit tapi gang efek apa-apa di tangan gue. Dan gue berpikir kalo itu bukan jawaban dari penyebab dari penyakit kulit yang ada di tangan gue.
cincin yang warna perak itu

Baru inget 1 hari setelah dikasih cincin sama temen, memang bentuknya cantik & gue ga peduli cincinnya asli atau palsu, karena emang bentuknya cantik, yaa gue pake aja karena gue suka cincin. Pas besoknya bener tangan gue bermunculan bintik-bintik berisi air &terasa gatal di area jari yang pernah gue masukin cincin palsu di jari. Tapi jari yang gue pakein cincin emas biasa aja & ga ada reaksi apa-apa.
Yappp, ini jawaban dari dermatitis yang gue rasain (pas banget sama artikel yang gue baca penyebabnya  “reaksi alergi dari perhiasan yang mengandung nikel”). And then cincinnya gue lepas. Gue diemin aja itu jari gue, saat gatal gue Cuma kasih minyak kayu putih & tiap hari seperti biasa gue pake lotion pelembab kulit. Hasilnya sekarang sembuh sendiri, melenting-melenting dibawah kulit udah kering & mengelupas dengan sendirinya (kayak ganti kulit).
 
mengelupas dengan sendirinya
*kulit gue kayak orang kaya, ga mau nerima perhiasan palsu, dari dulu gue baru engeh pake anting, kalung, gelang-gelangan palsu, kulit langsung merah, gatal & lecet-lecet.

Karena jawaban sudah ditemukan, mulai saat ini gue coba menghidari hal-hal yang menyebabkan Dermatitis, soalnya ini mengganggu pemandangan mata gue & kulit tangan + jari jadi jelek beruntusan bintik-bintik..

Cukup sekian dan terima kasih^^



{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Kak..aku juga kena dermatitis kontak. Tp blom tau iritanya. Uda hampir setahun, sakit kambuh sakit kambuh. Kmarin smpe yg parah uda kedokter kulit . Sempet sembuh 3 minggu. Lalu muncul lagi bintik2 kecil. Apakah benar sakit ini tidak bsa sembuh?

    BalasHapus
  2. Iya ini emang kambuhan, aku aja ga sembuh², masih sering dermatitis..
    selama ga gatel mah aku udah biasa aja, aku diemin sampe kering & mengelupas sendiri.. 😂

    BalasHapus
  3. Gw malah sering pecahin.. soalnya gatel bgt sih.. saran pake obat apa ya??

    BalasHapus

- Copyright © Ina Kawaii - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -