Posted by : ina kawaii Senin, 16 Mei 2016

Ok kali ini saya akan bahas masalah cosplay, pembahasan kali ini adalah salah satu hobby kesukaan saya yang agak sedikit mainstream. Untuk para Otaku, Anime Lovers, dan para penggemar / penyuka segala hal yang berkaitan dengan jejepangan pasti tau apa yang disebut dengan “Cosplay”.

Menurut WIKIPEDIA : Cosplay (Kosupure) adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku cosplay disebut cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer (orang yang menggunakan costum cosplay) juga disingkat sebagai coser, salah satu cosplayer berbakat di Indonesia adalah Yukitora Keiji.

Di Jepang, peserta cosplay bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar (dōjin circle), seperti Comic Market, atau menghadiri konser dari grup musik yang bergenre visual kei. Penggemar cosplay termasuk cosplayer maupun bukan cosplayer sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, yaitu Amerika, RRC, Eropa, Filipina, maupun Indonesia.

Mungkin untuk para pemula agak sedikit kebayang kan apa itu cosplay. Pasti kalian akan berfikir, wah pasti keren yah kalau tokoh kartun yang selama ini kita lihat cuma ada di televisi, ada di dunia nyata. Berikut seputar pertanyaan ringan tentang cosplay :
    • Pertanyaan       :   “Dimana kita bisa lihat tokoh-tokoh kartun tersebut berubah menjadi Original Character (asli) yang diperankan oleh cosplayer-cosplayer di indonesia ataupun luar negri ?"
    • Jawaban       :    Di Jakarta, saya sudah sering datang ke event-event jejepangan di kampus-kampus, di event indoor ataupun outdoor, ada banyak sekali event jejepangan di tiap bulan dan tahunan, seperti Jakarta Japan Matsuri, Ennicnisai, dll. Sekedar ingin berbagi kepada sesama penyuka jejepangan & para pemula yang mencoba untuk terjun ke hobi yang nyentrik ini, kalian bisa temuin acara/event-event berbau jejepangan di https://japanesia.co.id/event  atau di  https://jurnalotaku.com/ 
    • Silahkan buka link tersebut, disana akan terpapar berbagai event jepang bulanan atau tahunan di berbagai daerah di Indonesia dan apapun info-info seputar anime-anime, dll.
    • Jika ingin melihat coser indonesia ataupun luar negri (asia) yang lebih luar biasa, kamu bisa temui di event AFAID (Anime Festival Asia Indonesia). tapi ga murah untuk bisa hadir kesana & perlu kocek yang lumayan untuk bisa masuk ke lokasi.


    abah moel (cosplayer usia 65th dari indonesia)
    • Pertanyaan       :   “Malu ga sih berpakaian aneh bin nyeleneh kayak gitu..?”
    • Jawaban           :     Untuk yang menyukai hobby ini, ga akan ada kata malu & ga perlu malu, selama kegiatan ini tidak mengganggu orang lain, sah-sah saja, toh di event-event jejepangan banyak juga koq cosplayer-cosplayer yang bukan usia muda. Dan menurut saya, cosplay itu tidak di lihat berapa umurnya & ga ada larangan atau aturan tentang umur untuk menjadi seorang cosplayer.



    • Pertanyaan       :   Bagi kalian para pemula yang menyukai hal yang 1 ini dan ingin menjadi seorang cosplayer, akan bertanya, “kira-kira berapa sih kocek yang harus di keluarkan untuk bisa memiliki kostum yang kita mau..?”
    • Jawaban           :    Tergantung dari jenis / tokoh yang mau kita perankan, kalau kalian punya kocek yang banyak, kalian bisa membeli langsung atau biasanya memesan kostum + aksesorisnya dari para pembuat kostum, kalian bisa Google’ing (gugling) atau bisa temukan di Group Facebook Pecinta Anime/Otaku. Dan untuk yang punya dana yang pas-pasan alias Low Budget, kalian bisa temukan di sini : https://www.facebook.com/groups/JUALBELICosplayOtakuStuff/permalink/1352064028142889/

    • Kalian bakal nemuin berbagai kostum beserta aksesorisnya yang kalian inginkan, mulai dari harga termurah sampai termahal, dari kostum second sampai dengan pemesanan kostum (baru), untuk harga termurah  mulai dari Rp. 50.000 s/d Rp. 250.000,- (harga termurah biasanya costume yang secondhand/bekas).
    • Saran saya pribadi, selama saya menggeluti hobby ini, saya selalu mencari kostum & aksesoris dengan dana yang minim, cocokan dengan karakter & pastikan kostum sesuai dengan postur tubuh kita. Bila ingin mengolaborasikan kostum, saya biasanya membeli pakaian secondhand di pasar senen, atau bisa menjahit sendiri/membeli bahan & minta jahitkan dengan memberi contoh model kepada tukang jahit. Selama terlihat sesuai, pasti akan terlihat bagus. :)


    • Pertanyaan       :    “Gimana caranya untuk gabung di komunitas biar punya temen dan ga sendirian waktu cosplay..?”
    • Jawaban           :     Untuk yang 1 ini tergantung cara kita berteman, di group yang sudah saya sebutkan diatas kalian tidak hanya dapat membeli kostum saja, kalian juga bisa saling sharing (berbagi) pengalaman, meminta saran kepada senior, bertemu mereka & gabung di komunitasnya, bertanya apapun seputar jejepangan, pasti kalian akan disambut dengan senang hati oleh kakak-kakak cosplayer yang baik^^
·    FYI : kalau saya sendiri lebih ke independent (personal cosplayer) & tidak tergabung di komunitas.



Mungkin sedikit yang bisa saya jabarkan tentang pembahasan “COSPLAY” ini, untuk para junior “Lets Do It..” hobi yang nyentrik ini ga akan bikin kamu galau, selain kalian mendapat pengalaman baru, teman baru, aktivitas baru yang seru, kalian bisa menjadi karakter apapun yang kalian mau. Ga ada salahnya jika kalian ingin mencoba. (^^,v)


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Ina Kawaii - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -