Posted by : ina kawaii Sabtu, 12 Juni 2021

 

Orang tua mana yang ga merasa senang kalau anak balitanya sudah bisa Pup & Pip langsung di toilet? 

Sebagai orang tua, gue ngerasa bahagia & ada 1 rasa kebanggaan tersendiri ngeliat anak bisa tumbuh & berkembang dengan baik. Eittss itu juga ada pengaruh peran orang tua juga di dalamnya, jadi sebagai orang tua pastinya kita selalu berusaha mengajarkan yang terbaik untuk anak kita. 

Akirra anak pertama gue yang saat ini sudah berusia 3,5 tahun. Sejak umur 2,5 tahun sudah bisa Pup di toilet, mungkin awal-awal dia merasa takut karna sebelum-sebelumnya dia terbiasa pup & pip di pampers. Banyak drama pastinya, kayak misal dia bilang takut jatuh, lalu beberapa kali tetap juga pup di pampers, dll. Setiap hari gue latih supaya dia makin terbiasa dengan toilet. 



Memang butuh waktu agak lama sampai dia berhasil menaklukan dirinya untuk berani & bisa terus pup & pip di toilet, tapi alhamdulillah berkat kesabaran mamanya, setelah semingguan berusaha akhirnya akirra udah bisa Pup di toilet. Dia sudah mulai risih kalau misal dia lupa tiba² pup di pampers, sejak mulai mengenal risih itu akhirnya akirra udah mulai pup di toilet (jongkok) sampai saat ini. 

Gimana soal pipisnya??? 

Awalnya gue cuma ngajarin pup di toilet, karna gue pikir semua itu harus bertahap biar si anak ga kebingungan. Setelah akirra udah bisa pup sendiri di toilet, selang 3 bulan berikutnya baru deh gue ajarin pip diluar alias bukan di pampers lagi. 

Gue selalu sounding "Kalau mau pipis atau mau pup (berak), di WC yaa sayang". Selalu & setiap hari bahkan sebelum tidur pun saya bilang didekat kupingnya, berulang-ulang mungkin sampai dia bosan 😂. Sama hal nya seperti latihan pup waktu itu, banyak tragedi & drama juga buat si anak biar lepas dari pampers. Bukan tanpa sebab, sebenarnya si akirra ini Overweight atau obesitas atau kelebihan berat badan untuk anak seusianya. Jadi ga heran lah ya popok sekali pakai untuk ukuran dia udah ga ready lagi 😂. 

Ukuran max pampers di pasaran itu adalah XXL dengan BB maksimal 25kg yang jelas sudah ga muat lagi untuk anak gue si akirra ini, ada ukuran XXXL untuk BB anak s/d 30kg tapi harganya jauh lebih mahal. Maka dari itu lebih baik banyak sabar buat latihan Toilet Training ini biar akirra bener² bisa lepas pampers 😆. 

Awal-awal itu akirra masih sering lupa karna udah sering / terbiasa pake pampers, jadi wajar sering ngompol, jadi sering gonta ganti celana 😭. Jujur aja gue sering marah waktu itu karna ga sabar sama si bocah. Sampe beli urinoir mini buat latihan toilet training akirra. 

Rela rogoh 80k demi anak, alhasil akirra bisa pipis sendiri & ga mau pipis di urinoir'nya dia. Pertama-tama itu akirra mau pipis di got depan rumah 😂, akhirnya dia punya rasa malu & mau nya pipis cuma di kamar mandi, dan wajib cebok biar bersih. 

Untuk saat ini alhamdulillah akirra sudah bisa mengontrol rasa ingin pipis & BAB, jadi setiap ingin ke toilet, dia selalu ngomong ke mamanya. Bahkan kalau pergi sekalipun dia udah ga pake pampers, kalau mau tidur siang selalu gue antar ke kamar mandi dulu untuk pipis, jadi pas tidur siang itu dia udah ga ngompol lagi.. dan kalau malam saya pakaikan pampers (ukuran XXXL) karna kalau tidur dia belum bisa nahan. 

Buat bunda-bunda yang lagi jadi trainer buat anaknya yang lagi latihan toilet training, saran gue cuma 2.. Jangan maksa anak & bundanya harus Banyak sabar.. 🤣 . Gue juga masih ada PR karna masih punya 1 anak balita laki-laki, adiknya akirra yang masih umur 2 tahun. 

Sebenarnya toilet training bisa diajarkan ke anak dari umur 1,5 tahun tapi kembali ke bunda & si anak, apa bunda yakin kalau si anak udah siap untuk pup & pip di toilet. 

Setidaknya kalau anak sudah lulus toilet training, bunda pasti happy. Karna jatah uang pampers bisa di alokasikan untuk beli kebutuhan yang lain, bisa mengurangi biaya bulanan kan bund?? 

Yukk bunda terus ajarkan & sounding hal-hal baik ke anak kita, karna anak yang baik insha Allah karna didikan yang baik juga dari orangtuanya. 

Tetap Waras, keep setrong yaa bunda 😁

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Ina Kawaii - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -