Posted by : ina kawaii Minggu, 06 Februari 2022

 Dermatitis Perioral

 Salah satu jenis dermatitis yang banyak dikeluhkan adalah perioral dermatitis. Kondisi ini merupakan ruam inflamasi yang terjadi pada kulit di area sekitar mulut. Ruam bisa menyebar hingga ke hidung, bahkan mata. Sering terjadi, ruam muncul bersisik atau kemerahan dengan gelombang di sekitar mulut. 

Kenali Gejala Perioral Dermatitis

Dermatitis perioral biasanya muncul sebagai ruam benjolan merah di sekitar mulut dan di lipatan sekitar hidung. Benjolan juga terkadang muncul disertai dengan sisik, dan bisa juga terlihat pada area di bawah mata, dahi, dan dagu. Benjolan dengan ukuran kecil ini bisa saja berisi cairan atau nanah dan terlihat mirip dengan jerawat

Gejala lain yang turut muncul selain ruam adalah rasa terbakar dan gatal, terutama saat kondisi ruam mulai memburuk. Menggaruknya hanya akan membuat rasa gatal semakin tidak tertahan, dan sangat mungkin mengakibatkan munculnya luka pada area yang digaruk. Jadi, sebisa mungkin hindari garukan, terlebih dengan kondisi tangan yang tidak bersih. 

Sumber :

https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-perioral-dermatitis-dan-gejalanya




Demikian sedikit penjabaran tentang "Dermatitis Perioral" yang gue dapat dari artikel Halodoc, jadi awal cerita itu tanggal 17 januari 2022 lalu gue ngalamin sesuatu yang aneh di muka, tiba-tiba muncul bintik-bintik merah, gue kira kena dermatitis lagi. Gue emang ada riwayat dermatitis ringan tapi cuma disekitaran telapan tangan aja, dan yang kali ini kok ada di muka (area sela-sela hidung kiri-kanan dan dibawah bibir) . 

Tadinya cuma gue diemin aja karna gue pikir bakal sembuh sendiri, tapi lama-lama si bintik merah ini berubah warna didalamnya itu jadi agak ke'kuning'an, dan gue perhatiin lagi kok datengnya banyak alias rombongan. gue pikir lagi apa jerawat???, disini gue masih nerka-nerka macam apa lagi ini??? 🤔

Lama kelamaan si bintik ini pecah & mengering dengan sendirinya (agak gatal & perih "sedikit"), setelah kering lalu rontok dan anehnya keluar lagi bintik yang baru, astaga azab macam apa lagi ini. 🤣

Akhirnya karna masih nyimpen salep "Sudocream" punya anak gue yang ampuh melawan dermatitis, akhirnya gue coba, pikir gue mungkin cocok juga buat gue.. hehe karna gue kira kan emang sama-sama dermatitis.. 😂

Sehari dua hari pake sudocream ternyata masih belom ngefek juga & belom ada perubahan / perbaikan, karna masih penasaran gue cari tau penyakit apa ini di gugel, gue ketik keyword sesuai gejala yang gue rasain. pertama itu muncul "Dermatitis Perioral", setelah baca-baca memang kurang lebih sama dengan apa yang gue rasain waktu itu, point utama yang pengen gue dapet itu adalah "Obat / cara pengobatannya".

Gue pikir-pikir lagi inget-inget kebelakang kira-kira apa yang bikin kulit di muka ini jadi begini, karna si dermatitis Perioral ini kan katanya berawal juga dari cream wajah yang mengandung steroid. Ternyata gue inget dan ini emang kebodohan gue sendiri.. wkwkwkwk



1. Gue sering gonta-ganti cream wajah, tahun 2019 akhir itu gue pake skincare 200rb'an merk BWC rekomendasi dari adek. karna ga cocok akhirnya gue berhenti (jerawat parah). katanya ini BPOM. 

2. Setelah berhenti, gue pake cream F&L beli di minimarket (aman BPOM) . 

3. Maret 2021 nyobain merk (lumayan) mahal yang MSG itu (gausah tanya ini udah pasti BPOM), selama 6 bulan itu bagus banget, sumpah ini cocok, tapi lama kelamaan duit gue yang ga cocok.. 🤣

4. Berhenti 2 bulan dari MSG, kulit masih bagus tapi gue ga puas-puas 🙃, nyoba lagi dapet dari Online, No Merk & Dosis Tinggi harga 60rb (Night & Day Cream, Facial Wash, dan Toner) dan ulasannya bagus-bagus tapi yang ini ga ada merk dan ga BPOM (ini saran dari gue, gue sangat ga merekomendasikan siapapun buat pake cream abal-abal, mending Jangan sampe & jangan pernah beli, mungkin efek tiap kulit orang beda-beda, tapi buat kalian yang punya type kulit sensitif kayak gue, gue sangat saranin jangan bandel + jangan coba-coba beli / pake). 

Di point no. 4 ini, selama 2 bulan pemakaian sih aman, muka agak lebih terangan tone kulitnya, dan kata orang nge'Glow dan emang ga ada jerawat sama sekali yang muncul. Paling sih sering-sering mengelupas karna efek dari skincare nya itu. Nah masuk pemakaian bulan ketiga, udah mulai ga aman. makin sering ngelupas (bikin kulit tipis x yaa) jadi iritasi mungkin. Nah bandelnya gue, pas saat kulit lagi ngelupas itu, gue nyabutin kulit yang ngelupas pake pinset yang mungkin kotor, terakhir itu memang kulit yang ngelupas parah disekitaran samping-samping hidung & samping + dibawah mulut & gue asik ngelupasin kulit-kulit yang mati. 🤣

Udah puas nyabutin kulit mati, gue cuci muka seperti biasa dan besokannya muka gue (sekitar hidung & mulut) agak memerah & mulai keliatan melendung-melendung gitu, gue masih santai waktu itu.. dua hari setelahnya baru deh muncul dermatitis perioralnya. 



*video diambil tanggal 20 Januari 2022

Sempet bingung ini penyakit Dermatitis Perioral atau Impetigo soalnya gejalanya kurang lebih sama, cuma mungkin impetigo lebih cenderung menjangkiti anak-anak. 

Bisa dibaca disini :

https://www.halodoc.com/kesehatan/impetigo

Sempet mau berobat cuma males karna lagi musim Om Micron males ngantri 😂. Sempet beli cream pelembab juga tapi ga kunjung sembuh juga, jadi selama terjangkit itu gue cuci muka pake merk Pigeon Facial Foam (untuk beberapa orang mungkin ga cocok karna katanya muncul beruntusan dikulit, tapi di gue engga). Dan di dermatitis nya selama seminggu itu gue pakein sudocream aja karna ga tau mau dipakein apa (biar lembab aja ga kering). 

Sampe tanggal 25 Januari masih begini


Akhirnya ngambil point penyembuhan nya, dapet nama 1 cream yang akhirnya gue beli di apotik (nanya sama temen apoteker), nama salepnya "MUPIROCIN". Harga tertera di box 45rb, tapi nitip di temen harganya 40rb.

Sebenernya salep mupirocin ini khusus untuk penyakit kulit "Impetigo" : Suatu infeksi kulit yang sangat menular yang menyebabkan luka merah pada wajah. Impetigo terutama terjadi pada bayi dan anak-anak. Gejala utama berupa luka merah yang terbentuk di sekitar hidung dan mulut. Luka akan pecah, mengeluarkan cairan selama beberapa hari, lalu membentuk kerak kuning cokelat. Impetigo disebabkan oleh infeksi bakteri, yaitu bakteri staphylococcus pada impetigo bulosa dan streptococcus pada impetigo nonbulosa. Bakteri ini menular melalui paparan dengan luka atau cairan yang terkontaminasi dari lecet orang yang terinfeksi.

Gak ngerti lah gue, makanya awalnya gue bingung, gue itu kena dermatitis Perioral atau impetigo, soalnya dilihat dari bintik-bintik yang ada di muka kelihatan kayak kena jamur / bakteri 😂. Akhirnya nyoba deh salep antibiotik mupirocin ini.


Dan Alhamdulillah, cocok. pemakaian pertama agak sedikit panas dikulit. agak gatel cuma ditahan-tahan. Alhamdulillah 3 hari pemakaian udah mulai bereaksi, sembuh pelan-pelan dan sembuh total di pemakaian di hari kelima, pokoknya sekitar tanggal 30 Januari 2022 lalu itu udah ga ada lagi itu bintik-bintik / borok atau apalah namanya 😂 dan ga ninggalin bekas luka juga. 

Cuma saran lagi dari gue, tiap kulit itu beda-beda, lebih baik berobat ke dokter untuk diresepkan obat/antibiotik yang sesuai penyakit/keluhan kita, salah obat bisa fatal juga karna mungkin cocok di orang lain belom tentu cocok di kita. 

Ini kamera asli no filter 


Udah sembuh total dong, waktu lagi sakit kemarin itu ga mau cium-cium bocil² karna takut nularin 😂, sekarang Alhamdulillah udah puas bisa nyiumin anak-anak lagi. 

Setelah sembuh, muka puasa dulu ga pake cream apapun karna buat pastiin si dermatitis perioralnya bener-bener sembuh. Dan akhirnya nemplok di skincare merk GRNIeR, cari aman yg udah jelas terdaftar di BPOM dan kandungannya ga aneh-aneh. Kapok sudah beli Skincare yang ga jelas apalagi nemu di online, selain kandungannya yang jahat di wajah juga punya efek samping juga buat ginjal. 


Thanks udah baca tulisan ini, semoga bermanfaat 😇. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Ina Kawaii - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -